Menumbuhkan Kepekaan Sosial Melalui Belajar IPS
Dewasa ini kepedulian sosial warga masyarakat terasa sudah mulai sangat menurun. Antara anggota masyarakat satu dengan anggota masyarakat yang lain rasa kerjasama atau gotong-royong yang pernah dilaksanakan oleh generasi kita dahulu sudah mulai luntur.
Situasi kebersamaan dalam hidup bergotong royong seperti yang diceritakan di atas tersebut kini sangat sulit ditemukan.Nilai-nilai hidup yang penuh rasa kebersamaan,rasa simpati,dan empati pada orang lain,rasa saling menghormati dan rasa toleransi sekarang ini sudah mulai memudar.Kepekaan dan kepedulian sosial yang pernah tumbuh dan berkembang pada masa generasi pendahulu kita waktu itu harus kita upayakan dapat tumbuh kembang kembali.
Pada anak-anak usia sekolah dasar akan sangat baik untuk sekaligus dapat dibiasakan hidup gotong-royong dan bekerjasama melalui bimbingan dan tugas dari guru.melalui konsep-konsep ilmu sosial sebagai dasar pengajaran IPS siswa diberi pengetahuan dan keterampilan untuk dapat bersikap dan menjawab tentangan serta problematika sosial yang ada di lingkungan siswa.
Dengan cara seperti ini,maka diharapkan siswa dapat mudah memahami konsep-konsep IPS yang sekaligus dapat diaplikasikan oleh siswa dalam kehidupan siswa. Hal ini juga akan membuat mata pelajaran IPS menarik perhatian siswa dikarenakan belajar IPS tidak hanya berupa hafalan dari buku,tetapi langsung memecahkan persoalan sosial yang sedang dihadapi siswa di lingkungannya.
dapusnya : Hidayati, dkk. 2010. Pengembangan Pendidikan IPS SD. Jakarta: Depdiknas. iya kah?
ReplyDelete