Blog untuk berbagi tentang ilmu di Sekolah Dasar

HAKIKAT PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK

1. Pengertian Perkembangan
Perkembangan adalah serangkaian perubahan progesif yang terjadi sebagai akibat dari proses kematangan dan pengalaman.
  • Perkembangan terjadi mulai dari masa konsepsi dan berlangsung terus menerus sampai pada masa pengrusakan dan individu itu mati.
  • Belajar : suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh perubahan perilaku yang relatif dalam aspek kognitif, afektik maupun psikomotorik yang diperoleh melalui interaksi individu dengan lingkungannya.
  • Peserta didik : individu yang merupakan suatu totalitas kesatuan psikofisik yang tidak dapat dipisahkan mempunyai keunikan masing-masing dan berbeda satu dengan yang lainnya.
2. Perubahan dalam Perkembangan
  1. Berakar pada unsur biologis
  2.  Mencakup struktur dan fungsi
  3. Bersifat terpola, teratur, teroganisir dan dapat diprediksi
  4. Bersifat unik bagi setiap individu
  5. Terjadi secara bertahap
  6. Berlangsung sepanjang hayat
3. Pengertian Pertumbuhan
  • Pertumbuhan adalah pola perubahan yang dialami individu yang bersifat kuantitatif dan terbatas pada pola perubahn fisik sebagai hasil dari proses pematangan.
  • Atau bisa juga disebut perubahan individu secara fisik menuju ke arah yang lebih sempurna.
4. Anak sebagai Totalitas
      Menurut Semiawan (1999) konsep peserta didik sebagai totalitas sekurang-kurangnya mengandung 3 pengertian. Mencakup :
a. Peserta didik adalah MH (organisme) yang merupakan suatu kesatuan dari keseluruhan aspek yang terdapat dalam dirinya. Aspek fisik dan psikis tersebut terdapat dalam diri Serdik sebagai individu yang berarti tidak dapat dipisahkan antara bagian satu dengan yang lain.

b. Keseluruhan aspek fisik dan psikis tersebut memiliki hubungan yang saling terjadi satu sama lain. Jika saah satu aspek mengalami gangguan maka aspek lain juga ikut terganggu
c. Peserta didik usia SD/MI berbeda dari orang dewasa bukan sekedar secara fisik tetapi juga secara keseluruhan.

     Menurut Sinnolungan (1997) menyatakan :
      Manusia termasuk peserta didik sebagai makhluk totalitas “homotrieka” yaitu :
a.         Makhluk religius yang menerima dan mengakui kekuasaan Tuhan atas dirinya dan alam lingkungan sekitarnya
b.         Makhluk sosial yang membutuhkan orang lain dalam berinteraksi dan saling mempengaruhi agar berkembang sebagai manusia

c. Makhluk individual yang memiliki keunikan ( ciri khas, kelebihan, kekurangan, sifat, kepribadian dll) yang membedakan dengan individu lain.
5. Perkemb. sebagai Proses Holistik dari Aspek Biologis, Kognitif dan Psikomotorik
  • Sebagai proses Holistik artinya perkembangan terjadi tidak hanya dalam aspek tertentu melainkan melibatkan keseluruhan aspek yang terjalin satu dengan yang lainnya.
  • Aspek ini meliputi aspek biologis, kognitif dan psikomotorik.
6. Pengertian Kematangan , Pengalaman serta Peran Masing-masing
     a.  Kematangan ( Pembawaan)
            Kematangan adalah suatu kekuatan dari diri anak yang mendorong berkembangnya suatu fungsi.
            Menurut kaum naturationist berpendapat : pada dasarnya individu berkembang dalam cara yang berpola genetik, kecuali terganggu atau terhambat oleh faktor lungkungan yang bersifat merusak

     b. Pengalaman ( Lingkungan)
            adalah peristiwa-peristiwa yang dialami individu dalam berinteraksi dengan lingkungan.
            Menurut kaum environmentalist berpendapat : lingkungan dipandang sebagai faktor yang paling berpengaruh terhadap perkembangan anak.
7. Kontinuitas dan Diskontinuitas dalam Perkembangan
  • Kontinuitas dalam perkembangan adalah perubahan yang kumulatif yang berlangsung secara bertahap dari masa konsepsi hingga meninggal dunia.
  • Diskontinuitas dalam perkembangan adalah perkembangan diarahkan oleh faktor-faktor internal biologis. Perkembangan melibatkan perubahan kualitatif bukan sekedar kombinasi-kombinasi sederhana dari kemampuan atau perilaku terdahulu.
8. Pandangan Para Ahli Perkembangan tentang Isu Kontinuitas dan Diskontinuitas
a.         Teori Kontinuitas
            - Perkembangan itu terjadi secara halus dan stabil melalui penambahan atau peningkatan dalam hal abilitas, ketrampilan dan atau pengetahuan baru pada suatu langkah yang relatif lama.
            - Perilaku-perilaku awal secara bersama akan membangun dan membentuk perilaku selanjutnya atau sekurang-kurangnya perkembangan awal itu memiliki keterkaitan dengan perkembangan selanjutnya.

b. Teori Diskontinuitas
            -Perkembangan terjadi pada periode-periode kecepatan yang berbeda, berganti-ganti antara periode-periode yang hanya sedikit perubahannya dengan periode yang tajam dan cepat perubahannya
            - Beberapa aspek perkembangan muncul secara independen dari apa yang sudah muncul sebelumnya dan tak dapat diprediksi dari perilaku-perilaku sebelumnya.
Download DISINI

TERIMA KASIH

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "HAKIKAT PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK"

Post a Comment