Blog untuk berbagi tentang ilmu di Sekolah Dasar

Juknis Lengkap Olimpiade Guru Nasional OGN Terbaru

Kegiatan Olimpiade Guru Nasional (OGN) merupakan salah satu sarana peningkatan mutu pendidikan dan merupakan ajang untuk mencari guru kelas SD dan guru mata pelajaran SMP yang unggul. OGN diselenggarakan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan wawasan pengetahuan, motivasi, kompetensi, profesionalisme, dan kinerja guru. Selain itu OGN bertujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya di kalangan guru SD dan SMP. Peningkatan kompetensi tersebut diharapkan akan berdampak positif terhadap karier dan mutu pendidikan.
Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Subdit Harlindung telah melaksanakan OGN sejak tahun 2016. Olimpiade Guru Nasional pada tahun 2017 bagi guru SD dan SMP ini merupakan pelaksanaan kegiatan OGN tahun kedua. Peserta dalam kegiatan OGN 2017 terdiri atas Guru Kelas SD dan Guru SMP. Untuk peserta SMP meliputi guru mata pelajaran Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
Pelaksanaan OGN diawali dengan seleksi tingkat kabupaten/kota yang diikuti oleh guru SD dan SMP. Adapun penyelenggaraannya menjadi tanggung jawab dinas pendidikan kabupaten/kota. Selanjutnya seleksi tingkat provinsi diikuti oleh wakil masing-masing kabupaten/kota yang diselenggarakan dan menjadi tanggung jawab dinas pendidikan provinsi. Hasil seleksi provinsi akan dijadikan finalis tingkat nasional.

Tujuan kegiatan OGN adalah:

  1. meningkatkan wawasan pengetahuan, motivasi, kompetensi, profesionalisme, dan kinerja untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di kalangan guru SD dan guru SMP;
  2. menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan guru SD dan guru SMP; 
  3. membina dan mengembangkan kesadaran ilmiah untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi kompetisi olimpiade; 
  4. membangun komitmen mutu guru SD dan guru SMP dalam meningkatkan mutu pendidikan; dan
  5. meningkatkan derajat guru SD dan guru SMP sebagai profesi yang terhormat, mulia, dan bermartabat.

Bentuk Kegiatan dan Materi Lomba

Kegiatan OGN 2017 dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, sampai dengan tingkat nasional dengan mekanisme sebagai berikut:
  1. Pada tingkat kabupaten/kota seleksi dilakukan melalui tes tertulis diatur oleh dinas pendidikan kabupaten/kota. Perangkat tes tertulis dikembangkan oleh dinas pendidikan kabupaten/kota.
  2. Pada tingkat provinsi seleksi dilakukan melalui tes tertulis. Perangkat tes disiapkan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar. 
  3. Pada tingkat nasional seleksi dilakukan melalui tes tertulis, eksperimen/eksplorasi/unjuk kerja, dan presentasi. Materi seleksi dan perangkat tes disiapkan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar. 
  4. Soal tes tertulis dari tingkat kabupaten/kota, provinsi maupun nasional mengacu pada cakupan materi yang terdapat pada lampiran 1 pedoman ini.

Waktu Penyelenggaraan

  1. Seleksi tingkat kabupaten/kota pada Mei 2017

  2. Seleksi tingkat provinsi pada Juni 2017

  3. Seleksi tingkat nasional pada Agustus 2017

Untuk melihat lengkap Petunjuk Teknisnya silahkan Download di sini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Juknis Lengkap Olimpiade Guru Nasional OGN Terbaru"

Post a Comment