Blog untuk berbagi tentang ilmu di Sekolah Dasar

Guru dan Orang Tua diminta menjadi Teladan Gemar Membaca pada Anak.

Assalamualaikum Wr. Wb. Rekan Guru di Indonesia maupun di Luar Negeri. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengimbau pada orang tua dan guru agar jadi teladan gemar membaca buku bagi anak-anak. Muhadjir meminta jangan biarkan anak-anak disuruh membaca, tetapi tidak diberikan contoh atau teladan.

"Beri contoh kepada anak bahwa membaca itu mengasikkan," kata Mendikbud  yang PendidikanGuruSD.com  kutip dari Republika (6/3).

Baca Juga

Gerbang menuju Guru Sejahtera dengan Gaji 15 juta Sebulan

Mendikbud juga mengatakan bahwa, selain menjadi teladan, para orang tua dan guru harus membimbing anak-anak memahami buku yang dibaca. Menurutnya, banyak cara yang dapat dilakukan untuk membantu anak-anak memahami buku bacaan. Salah satunya, yakni menugaskan untuk meringkas buku yang telah dibaca.

Pada pembukaan acara Discovery 4, Gerakan Banyuwangi Membaca, di Taman Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur, Mendikbud menerangkan mengajak anak-anak untuk gemar membaca sejak dini. Ia meyakini, menanamkan budaya membaca sejak dini merupakan wujud dari penguatan pendidikan karakter. Acara itu sebagai upaya menyosialisasikan gerakan gemar membaca bagi pelajar.

Mendikbud juga menambahkan bahwa langkah yang tepat memperkenalkan kepada anak sejak dini untuk gemar membaca yaitu kegiatan seperti acara Discovery 4 di Banyuwangi ini.


 Salam maju bersama mencerdaskan anak bangsa dimanapun berada.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Guru dan Orang Tua diminta menjadi Teladan Gemar Membaca pada Anak."

Post a Comment