Blog untuk berbagi tentang ilmu di Sekolah Dasar

LANGKAH MEMBACA PERMULAAN PADA KELAS RENDAH

Anak pada kelas rendah saat ini banyak yang belum bisa membaca, maka dari itu perlu adanya langkah- langkah yang tepat dalamengajari membaca permulaan pada siswa kelas rendah.

Ritawati (1996:51) mengemukakan langkah-langkah membacapermulaan sebagai berikut mengenal unsur kalimatmengenal unsur katamengenal unsur hurufmerangkai huruf menjadi suku katamerangkai suku kata menjadi kataSedangkan menurut Sibarani akhadiah (1992:1993:34) mengemukakan langkah-langkah pengajaran membaca permulaan sebagai berikut menentukan tujuan pokok bahasan yang akan di berikan.
Tujuan ini dapat mengembangkan bahan pengajaran setelah bahan pelajaran dan bahan latihan disusun, kemudian harus memikirkan bagaimana cara menyampaikan. Bagaimana urutan pemberian bahan-bahannya, dan bagaimana cara mengaktifkan siswa.Pada tahap latihan, guru dapat membuat kombinasi baru, baik dengan kata maupun suku kata, dan huruf. Hal ini mudah dilakukan dengan menggunakan kartu-kartu yang tersedia, anak dapat bermain dengan kartu-kartu tersebut. Misalnya membentuk suku kata, kata ataupun kalimat. Untuk memantau apakah anak telah mencapai tujuan yang di tetapkan, guru dapat membuat tes formatif. Dalam hal ini guru dapat menggunakan berbagai cara yang di aggap terbaik untuk kelangsungan pembelajaran. Berdasarkan hal di atas, agar tujuan pengajaran membaca dapat tercapai dengan baik, sebaiknya guru menetapkan langkah-langkah tersebut dilakukan secara berulang-ulang.
demikian artikel ini, jika anda merasa artikel ini bermanfat silahkan klik share.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "LANGKAH MEMBACA PERMULAAN PADA KELAS RENDAH"

Post a Comment