Blog untuk berbagi tentang ilmu di Sekolah Dasar

Keunggulan Jurusan PGSD

Sebelum kita berbicara tentang mengapa memilih jurusan PGSD, Apa itu PGSD??? PGSD itu singkatan dari Pendidikan Guru Sekolah Dasar. yap!! pasti dalam pikiran kalian, Guru SD yang tiap harinya berkutat dengan anak-anak usia 7-12 tahun yang sangat bandel. Guru SD yang gajinya sedikit. Guru SD yang harus berurusan dengan semua sekolah yang menyebalkan. jangan salah! walaupun jurusan PGSD tidak sekeren jurusan dokter, polisi dll tapi perlu kalian ingat, sebelum kalian jadi dokter maupun polisi yang pertama kali memberi kalian ilmu adalah guru SD loh 😀 nah!
Sampai tahun 2020 nanti ada PENSIUN BESAR – BESARAN GURU SD loh, pantas saja dari tahun ke tahun jurusan ini pun banyak peminatnya, alasan karena prospek kerjanya yang menjanjikan, belum lagi Sekolah Dasar di Indonesia lebih banyak daripada Sekolah Menengah. Mahasiswa PGSD di tuntun dengan berbagai kegiatan yang membentuk karakter, seperti dalam kegiatan perkuliahan yang membiasakan mahasiswa melatih berbicara dengan orang banyak, bertingkah laku sopan dan mendidik mahasiswa juga untuk berpakaian rapih layaknya seorang guru agar terbiasa ketika mendidik nanti.
Dalam pembelajaran, mahasiswa PGSD bukan berarti diajarkan kembali pada materi-materi di SD, tetapi bagaimana materi-materi di SD dapat disampaikan kepada muridnya dengan melakukan strategi dan metode tertentu, agar pembelajaran menyenangkan. Selain itu juga belajar seputar perkembangan anak, baik dari segi sikap, pengetahuan dan keterampilan bahkan diajarkan pula perkuliahan untuk dibiasakan menggunakan teknologi seperi komputer, proyektor, agar mahasiswa tidak ketinggalan zaman dan sebagai guru tidak gagap teknologi, jadi dengan itu juga dapat dikatakan sebagai guru kreatif karena telah memanfaatkan teknologi.

Mari kita lihat data statistik tentang Tingkat Kompetisi di Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) di Seluruh PTN. Berikut adalah analisis dari program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dari seluruh PTN yang menyediakannya di SNMPTN 2015. Urutan didasarkan pada rasio keketatan kompetisi yaitu perbandingan antara kapasitas dibanding peminat. Di tabel ini anda juga tetap bisa melihat jumlah peminat serta kapasitas kursi yang tersedia. Tentu saja urutan rasio ini tidak otomatis menunjukkan “kualitas”, namun difokuskan untuk memberi gambaran tentang tingkat kompetisi masing-masing prodi.

Sumber : http://tuankutambusai.ac.id/2016/03/30/keunggulan-memilih-jurusan-pgsd/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keunggulan Jurusan PGSD"

Post a Comment