Blog untuk berbagi tentang ilmu di Sekolah Dasar

MEMBACA PERMULAAN PADA KELAS RENDAH

Membaca merupakan kebutuhan pokok setiap insan manusia untuk memperoleh ilmu pengetahuan yang lebih banyak lagi. anak usia sekolah rendah sangatlah penting diajari untuk membaca. belajar membaca pada anak sekolah rendah dinamakan membaca permulaan. 

Menurut Ritawati (1996:43) membaca permulaan merupakan membaca awal yang diberikan kepada anak di kelas I (satu) sebagai dasar untuk pelajaran selanjutnya. Seiring dengan itu Sahari (1994:11) mengemukakan membaca adalah kegiatan dalam menerapkan dalam kemampuan berbahasa (linguistik) dengan melibatkan faktor biologis dan psikis yang di pengaruhi oleh lingkungan denagn huruf, suku kata, kata dan kalimat sebagai objek bacaan sebagai tingkatan awal dalam belajar membaca pembelajaran membaca di kelas I (satu) merupakan pelajaran membaca tahap awal. Kemampuan membaca yang di peroleh anak di kelas I (satu) tersebut akan menjadi dasar pembelajaran membaca kelas-kelas berikutnya. Supriyadi (1993) mengemukakan bahwa “ kemampuan membaca yang di peroleh pada membaca permulaan akan sangat berpengaruh terhadap kemampuan membaca lanjut”.


Sebagai kemampuan yang mendasari kemampuan berikutnya maka kemampuan membaca permulaan benar-benar memerlukan perhatian guru, sebab jika dasar itu tidak kuat, pada tahap membaca lanjut anak akan mengalami kesulitan untuk dapat memiliki kemampuan membaca yang memadai.
demikian artikel ini, jika anda merasa artikel ini bermanfat silahkan klik share.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MEMBACA PERMULAAN PADA KELAS RENDAH"

Post a Comment