Blog untuk berbagi tentang ilmu di Sekolah Dasar

Alat Pernapasan Manusia


Alat pernafasan manusia terdiri dari hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Ketika manusia bernafas, udara masuk melalui hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Selanjutnya, udara keluar dari paru-paru dan hidung.

1. Alat Pernafasan Manusia
A. Hidung
Hidung merupakan alat pernafasan yang berfungsi saebagai tempat keluar masuknya udara. Didalm rongga ohidung terdapat bulu-bulu hidung yang berfungsi sebagai penyaring udara yang masuk kedalam hidung. Didalam hidung juga terdapat indra pembau dan kapiler darah. Indra pembau dan kapiler darah tersebut dapat menghangatkan udara pernafasan, sehingga udara yang masuk kedalam hidung mengalami proses penyesuaian suhu.

B. Batang tenggorokan
Udara yang maasuk kerongga hidung akan diteruskan ke paru-paru melalui batang tenggorokan. Batang tenggorokan merupakan bagian yang menghubungkan hidung dengan paru-paru.
Batang tenggorokan tersusun atas tulang rawan yang berbentuk seperti cincin dan memiliki rambut getar. Rambut getar berfungsi untuk mengeluarkan kotoran yangv masuk bersama udara.
Batang tenggoroksan memiliki 2 cabang . cabang yang pertama menuju paru-paru kiri, sedangkan cabang yang kedua menuju paru-paru kanan. Cabang ini disebut pembuluh napas.

C. Paru-paru
Paru-paru manusia terbagi menjadi dua bagian, yaitu paru-paru kiri dan paru-paru kanan. Paru-paru kiri terdiri atas dua gelambir, sedangkan paru-paru kanan terdiri dari tiga gelambir.
Paru-paru terletak di dalam roingga dada dan dilindungi oleh tulang rusuk.ketika bernafas, udara akan masuk ke dalam paru-paru. Udara tersebut mengandung oksigen dan karbon dioksida. Oksigen akan diserap dan diangkut oleh darah. Sedangkan karbon dioksida akan dikeluarkan dari paru-paru melalui hidung. Jadi, pernapasan ( respirasi ) merupakan proses masuknya gas oksigen dan keluarnya gas karbon dioksida.
Paru-paru tidak bergerak sendiri, tetapi gerkannya tergantung pada gerakan diafragma dan otot tulang rusuk. Bila diafragma mengerut maka rongga dada akan mengembang. Hal ini membuat paru-paru mengembang dan menghisap udara.
Pernafasan manusia dibagi menjadi dua macam, yaitu pernafasan dada dan pernafasan perut. Pernafasan dada merupakan pernafasan yang terjadi akibat aktivitas otot-otot tulang rusuk. pernafasan perut merupakan pernafasan yang terjadi akibat pergerakan otot-otot diafragma.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alat Pernapasan Manusia"

Post a Comment