Blogroll

January 16, 2012

RPP Pkn Kelas IV Sekolah Dasar

A. Standar Kompetensi
4. Menunjukkan sikap terhadap globalisasi di lingkungannya.

B. Kompetensi Dasar
4.3 Menentukan sikap terhadap pengaruh globalisasi yang terjadi di lingkungannya.

C. Indikator
1. Kognitif
a) Produk
4.3.1. Menyebutkan contoh sikap dampak negatif dan positif dari globalisasi di lingkungan.
b) Proses
4.3.2. Mengidentifikasi dampak positif dan negatif globalisasi di lingkungan.
2. Afektif
4.3.3. Menunjukkan sikap terhadap pengaruh globalisasi di lingkungan.
3. Psikomotorik
4.3.4. Mendemonstrasikan bentuk kegiatan yang menunjukkan sikap pengaruh globalisasi di lingkungan.


D. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui tanya jawab siswa dapat menyebutkan contoh sikap dampak negatif dan positif dari globalisasi di lingkungan dengan benar.
2. Melalui pembelajran kooperatif tipe STAD siswa dapat mengidentifikasi dampak positif dan negatif globalisasi di lingkungan dengan benar.
3. Melalui penugasan siswa dapat menunjukkan sikap terhadap pengaruh globalisasi di lingkungan dengan benar.
4. Melalui demonstrasi siswa dapat menampilkan bentuk kegiatan yang menunjukkan sikap pengaruh globalisasi di lingkungan dengan benar.

E. Dampak Pengiring
Setelah pembelajaran selesai diharapkan siswa dapat menerapkan sikap positif pengaruh globalisasi dan menghindari sikap negatifnya dalam kehidupan sehari- hari.

F. Materi Pembelajaran
Sikap terhadap pengaruh globalisasi

G. Metode dan Model Pembelajaran
a. Metode Pembelajaran:
Ceramah, Tanya jawab, Demonstrasi, Diskusi, Penugasan
b. Model pembelajaran
Kooperatif tipe STAD
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Nilai Karakter Metode Waktu
1. Kegiatan Awal
a. Berdoa
b. Presensi dan pengkondisian kelas
c. Apersepsi
Tanya jawab tentang contoh- contoh akibat globalisasi.
d. Orientasi
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa.
e. Motivasi
Memberikan motivasi kepada siswa.
3. Kegiatan Inti
Eksplorasi
a. Siswa dan guru bertanya jawab tentang contoh pengaruh positif dan negatif globalisasi.
b. Siswa dan guru bertanya jawab tentang contoh sikap pengaruh positif dan negatif globalisasi di lingkungan.
c. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok kelas dengan menyamaratakan jumlah putra dan putri.
d. Siswa menerima lembar diskusi kelompok pada masing-masing kelompok.
Elaborasi
a. Siswa berdiskusi dan mengerjakan lembar diskusi menentukan sikap- sikap terhadap pengaruh globalisasi di lingkungan.
b. Guru membimbing, mengarahkan dan memantau diskusi siswa.
c. Secara berkelompok Siswa mendemonstrasikan bentuk kegiatan yang menunjukkan sikap pengaruh globalisasi.

Konfirmasi
a. Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok masing-masing.
b. Guru membahas hasil presentasi kelompok
c. Guru memberikan penguatan dan motivasi
3. Kegiatan Akhir
a. Refleksi
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
b. Penilaian
Siswa mengerjakan soal evaluasi dari guru.
c. Memberikan tindak lanjut
Guru memberikan PR kepda siswa
d. Guru memberikan pesan-pesan, motivasi pada siswa, dan menutup pembelajaran.
I. Sumber dan Media Pembelajaran
a. Sumber
4. Sarjan dan Agung Nugroho.2008.Pendidikan Kewarganegaraan Bangga menjadi Insan Pancasila SD/ MI IV. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, BSE. Hal 101- 108.
5. Bestari, Prayoga dan Ati Sumiati.2008.Pendidikan Kewarganegaraan Menjadi Warga Negara yang Baik SD/ MI IV. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, BSE. Hal 91- 102
6. Dewi, Ressi Kartika, dkk.2008.Pendidikan Kewarganegaraan 4 SD/ MI. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, BSE. Hal 52- 56
7. Silabus Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IV.
b. Media / Alat Peraga
• Gambar pengaruh positif dan negatif globalisasi
J. Penilaian
1. Prosedur : Tes Proses dan Tes akhir
2. Teknik : Tes
3. Jenis : Tes tertulis dan Tes Perbuatan
4. Bentuk : Subjektif (uraian singkat)
5. Alat : Soal, kunci jawaban, penskoran

Surakarta, 12 Desember 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas



(…………………………….) (……………………………)

0 komentar:

Post a Comment