Blog untuk berbagi tentang ilmu di Sekolah Dasar

Contoh- Contoh Paragraf

1. Paragraf Deduktif
Pendidikan Guru Sekolah Dasar saat ini banyak peminatnya. Jaminan kerja menjadi guru yang cukup tinggi. Adanya peningkatan kesejahteraan dengan program sertifikasi guru yang digalakkan pemerintah untuk guru, termasuk guru Sekolah Dasar. Diperkirakan tahun 2014 akan ada pensiun guru besar- besaran yang dilakukan pemerintah.

Saat ini Indonesia sedang berusaha membangkitkan perekonomiannya. Banyak usaha yang dilakukan, mulai dari menekan jumlah barang import yang mengalahkan pemakaian barang lokal. Pemerintah juga meluaskan lapangan pekerjaan, agar sumber daya manusia (SDM) dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk pembangunan Negara. Bagia pelaku korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) yang sangat merugikan perekonomian Negara tentunya akan diberikan sanksi tegas. Karna yang kita ketahui Indonesia terpuruk akibat KKN yang terjadi di segala institusi. Oleh karena itu, dengan usaha yang dilakukan sekarang diharapkan Indonesia dapat membangkitkan perekonomiannya.

Memasuki abad ke-21, sejumlah masalah kependudukan turut serta menghadang umat manusia secara “ Tumpang tidih “. Sebagai contoh masalah lanjut usia (lansia) muncul pada saat pertambahan penduduk masih besar. Kemiskinan menjadi kian kasat mata di tengah rumitnya masalah ketenaga kerjaan. Masalah kesehatan pun turut mewarnai laskap kehidupan pada awal millennium ketiga, Terutama menyangkut kesehatan wanita dan anak-anak.

2. Paragraf Induktif
Mahasiswa semester 7 program PGSD banyak yang mengeluh. Beban tugas setiap mata kuliah yang membuat pikiran mahasiswa harus bekerja dengan ekstra. Belum lagi untuk mempersiapkan Uji Kompetensi kuliahnya. Setiap masuk kuliah ada juga mahasiswa yang tidak bisa konsentrasi dalam mengikuti perkuliahan secara maksimal. Hal itu disebabkan mahasiswa semester 7 PGSD harus menyelesaikan satu semester perkuliahan dengan waktu hanya satu bulan saja.
Di era zaman globalisasi ini, banyak orang yang memiliki sepeda motor. Itu disebabkan, karena sekarang mereka bisa memiliki sepeda motor dengan cepat dan mudah. Agar tidak datang terlambat, banyak orang yang berangkat bekerja dengan mengendarai sepeda motor. Bahkan anak sekolah pun tidak mau kalah. Mereka berangkat ke sekolah memilih mengendarai sepeda motor. Dari pada naik sepeda biasa ataupun angkutan umum. Begitu juga dengan ibu-ibu. Untuk pergi ke pasar saja, mereka menggunakan sepeda motor. Hal ini menunjukkan bahwa sekarang sepeda motor dianggap sebagai barang yang sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari.



3. Paragraf Deduktif- Induktif
Siswa kelas VI Sekolah Dasar belajar untuk menghadapi ujian akhir beberapa bulan yang akan datang. Mereka sangat berkonsentrasi pada pelajaran yang diberikan oleh Ibu guru. Tampak situasi kelas lebih tenang. Keteangan kelas mereka bukan berarti sunyi dan sepi, tetapi suasana kelas mereka hidup, yaitu timbulnya tanya jawab tentang pelajaran yang sedang dibahas. Suasana yang hidup ini benar-benar membangkitkan semangat guru dalam menyampaikan materi pelajaran. Juga suasana yang hidup itu menimbulkan kesungguhan para siswa dalam belajar. Suasana giat belajar itu dilakukan dan diciptakan siswa kelas VI dalam menghadapi ujian akhir yang sudah diambang pintu.

Peningkatan taraf pendidikan para petani sama pentingnya dengan usaha peningkatan taraf hidup. Petani berpendidikan cukup dapat mengubah sistem pertanian tradisional, misalnya bercocok tanam hanya memenuhi kebutuhan pangan, menjadi petani yang produktif. Petani yang berpendidikan cukup, mampu memberikan umpan balik yang setimpal terhadap gagasan-gagasan yang dilontarkan perencana pembangunan, baik di tingkat pusat maupun di tingkat daerah. itulah sebabnya peningkatan taraf pendidikan para petani dirasakan sangat mendesak.

Di dalam memutuskan suatu kebijakan, presiden sebagai kepala negara dan sebagai kepala pemerintahan sangat membutuhkan pertimbangan dan nasehat dari seseorang atau sekelompok orang. Tujuannya ialah agar kebijakan yang diputuskannya sesuai dengan prinsip hukum, demokrasi, pemerintahan yang baik untuk mencapai tujuan negara. Para pendiri bangsa ini menyadari akan kebutuhan presiden mengenai hal itu. Oleh karena itu, Undang - Undang Dasar kitamengamanatkan untuk emmbentuk suatu dewan yang bertugas untuk itu. Yang penting adalah kebutuhan presiden akan pertimbangan dan nasehat dari pihak lain dapat terpenuhi sehingga ia tidak menyalahi peraturan yang ada.
4. Paragraf Deskriptif
Suasana kampus PGSD terlihat elok dengan nuansa gedung ungu. Gedung yang berwarna ungu menunjukkan bahwa kampus ini akan memebentuk guru SD yang professional dan berkarakter. Di setiap ruangan terlihat mahasiswa dan dosen yang melaksanakan perkuliahan dengan penuh semangat. Terdengar juga suara musik gamelan jawa yang mengalun indah menandakan ada perkuliahan karawitan. Terlihat juga dinding- dinding teras ruangan kampus yang tertempel karya seni rupa membuat suasana nyaman di kampus itu.
"Pemandangan Pantai Parangtritis - Yogya sangat mempesona. Di sebelah kiri terlihat tebing yang sangat tinggi dan di sebelah kanan kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. Banyaknya wisatawan yang selalu mengunjungi Pantai Parangtritis ini membuat pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Di pantai Parangtritis ini kita bisa bermain pasir dan merasakan hembusan segar angin laut. Kita juga bisa naik kuda ataupun angkutan sejenis andong yang bisa membawa kita ke area karang laut yang sungguh sangat indah. Disore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan momen sangat istimewa melihat matahari yang seolah-olah amsuk ke dalam hamparan air laut".








Menyusun kalimat utama menjadi paragraf yang baik!

(1) Identitas kebangsaan Indonesia dimanifestasikan baik oleh bahasa Indonesia maupun oleh bahasa daerah. Dalam hubungan itu diperlukan adanya keseimbangan sikap bahasa yang positif, baik terhadap bahasa Indonesia maupun terhadap bahasa daerah. Oleh karena itu, pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia harus diimbangi dengan pembinaan dan pengembangan bahasa daerah.
(2) Keluarga bahagia biasanya ramai dan sibuk. Bukan hanya ramai bertengkar saja, melainkan ramai dan sibuk melaksanakan tugasnya masing- masing dan bekerja secara harmonis. Setiap anggota dalam keluarga itu mempunyai rasa tanggung jawab terhadap seisi rumah, berusaha menciptakan keserasian keluarga.
(3) Penghayatan dan pengamalan Pancasila perlu ditanamkan, dipupuk, dan dikembangkan dalam diri anak- anak sejak kecil. Di dalam keluarga anak- anak diberi kesempatan untuk memperhatikan contoh- contoh wujud pengamalan Pancasila, sehingga proses pendarahdagingan nilai- nilai luhur Pancasila itu berlangsung wajar. Hal tersebut menuntut suasana rumah tangga yang harmonis sesuai dengan nilai- nilai luhur Pancasila yang dilaksanakan dalam kehidupan sehari- hari.
(4) Dalam demokrasi Pancasila kebebasan individu kebebasan individu tidak bersifat mutlak, tetapi harus diselaraskan dengan tanggung jawab sosial. Di dalam kebebasan itu harus melekat tanggung jawab terhadap kepentingan umum dan kepentingan bersama. Disamping itu, dalam demokrasi Pancasila keuniversalan cita- cita demokrasi dipadukan dengan cita- cita hidup bangsa Indonesia yang dijiwai oleh semangat kekeluargaan. Dengan demikian, dalam sistem dan mekanisme demokrasi Pancasila tdak akan terjadi dominasi mayoritas maupun tirani minoritas, sebab kedua konsep itu tidak selaras dengan semangat kekeluargaan.
(5) Pada masa pengisian kemerdekaan sekarang ini dengan Pelita demi Pelitanya, RRI muncul dengan siaran pedesaannya. Siaran ini merupakan salah satu saham yang tak kalah pentingnya dari apa yang pernah diabadikan RRI pada masa revolusi fisik dulu. Tidak sedikit pula pengorbanan dan rintangan yang dialamai RRI dalam perjuangan mengisi kemerdekaan sekarang ini. Di satu pihak ia bertugas bertugas mengumandangkan hasil- hasil pembangunan, di pihak lain ia bertugas memberikan hiburan bagi rakyat Indonesia sampai ke pelosok- pelosok Tanah Air.
(6) Kalimat pertama dari UUD 1945 mengakui perlunya kita memikul tanggung jawab terhadap perkembangan dunia. Di sana dikatakan bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. Pembukaan UUD 1945 juga mengamanatkan kepada kita untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Semuanya itu berarti bahwa perjuangan kita tidak hanya mencakup cita- cita mengenaii masyarakat, bangsa, dan Negara kita sendiri, tetapi juga mengenai masyarakat dunia pada umumnya.
(7) Musim kemarau yang panjang membuat daun- daun pepohonan jadi kering dan berjatuhan. Juga rerumputan yang biasanya Nampak hijau jadi kekuningan seperti terbakar. Bengawan Solo yang terkenal seperti raksasa pun kali ini kering kerontang. Ia hamper tidak berair sama sekali. Padahal pada musim hujan, tidak jarang hanyutnya pepohonan, ternak, atau bahkan rumah- rumah yang berdiri di sepanjang tepinya.
(8) Pengalaman manusia di dunai ini memang luas sekali lagi bermacam- macam pula. Itu merupakan masalah yang dihasapi penulis- penulis. Para penulis hendaknya dapat memperlihatkan watak serta motif- motifnya sekali dalam tulisannya. Sementara itu, ditunjukkan pula luas dan seluk- beluk hubungannya dengan manusia lain serta kejadian- kejadian di sekitarnya. Itu semuanya merupakan masalah yang harus dipecahkan.
(9) Bagi bangsa Indonesia, wawasan yang sesuai dengan falsafah dan kondisi geografis dan sosial budayanya adalah Wawasan Nusantara. Sebagai wawasan nasional, Wawasan Nusantara bertujuan mewujudkan kesejahteraan dan ketenteraman bangsa Indonesia, ikut serta mewujudkan kebahagiaan dan perdamaian seluruh umat manusia. Lebih lanjut dapat diuraikan bahwa tujuan Wawasan Nusantara itu diarahkan ke dalam dan ke luar. Tujuan Wawasan Nusantara ke dalam adalah mewujudkan kesatuan dalam segenap aspek kehidupan nasional, sedangkan tujuan ke luar ikut serta newujudkan ketertiban dan perdamaian umat manusia. Dengan demikian, sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945, Wawasan Nusantara itu disamping memperhatikan kepentingan nasional juga memperhatikan kepentingan ketertiban dan perdamaian dunia.
(10) Dalam segala kehidupan maju dengan pesatnya. Kehidupan manusia dan masyarakatnya selalu bergerak maju. Lebih- lebih lagi bagi manusia dan masyarakat Indonesia sesudah merdeka. Perhubungan dan pergaulan antardaerah makin dekat dan erat. Pergaulan internasional pun bertambah luas. Semuanya itu besar pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan perkembangan bahasa Indonesia.

Membuat Paragraf dengan Kalimat Utama!

(1) Bahasa Indonesia dapat dikembangkan dan diperkaya dengan jalan menyerap unsur- unsur, baik bahasa daerah maupun bahasa asing. Masing- masing daerah di Indonesia mempunyai bahasa Daerah sendiri- sendiri, kata dalam bahasa suatu daerah yang telah disepakati akan diserap untuk dijadikan kata bahasa Indonesia. Cara pengembangan juga dilakukan dengan menyerap kata bahasa asing yang dibakukan menjadi kata bahasa indonesia.

(2) Menabung merupakan bagian dari pendidikan yang sangat penting bagi murid- murid. Pendidikan menabung dimulai sejak murid- murid di bangku Sekolah Dasar. Kebiasaan menabung dapat melatih murid- murid untuk hidup hemat. Pepatah mengatakan kecil menabung tua menjadi untung. Guru harus senantiasa memberitahu murid- murid agar menyisihkan sebagian uang sakunya untuk ditabung.

(5) Penggunaan pupuk terbukti dapat menaikkan hasil panen. Tanaman yang diberi pupuk akan dapat meningkatkan zat hara dalam tanah. Tanaman yang paling membutuhkan unsur hara untuk pertumbuhan dan perkemabangan, asupan zat hara perlu diberikan pada tanaman dan unsur- unsur hara yang dibutuhkan tanaman biasanya sudah terdapat dalam pupuk. Unsur hara dalam pupuk dapat membuat tanaman menjadi hijau dan tumbuh dengan subur serta berbuah dengan lebat..



(6) Koperasi merupakan wadah yang sangat penting bagi pembangunan ekonomi dan kesejahteraan rakyat kita. Koperasi berperan dalam memberikan pinjaman bagi para anggotanya untuk berwirausahaa. Koperasi memberikan SHU sebagai bentuk hasil kerja bagi para anggotanya. Dengan adanya koperasi rakyat menjadi sejahtera. Rakyat juga bisa memberikan kontribusinya dalam pembangunan ekonomi kerakyatan melalui koperasi.

(8) Saat ini semester satu telah selesai, semester dua pun sudah di depan mata. Di semester dua itulah siswa kelas VI harus bersiap- siap untuk menghadapi pertarungan berat dalam menghadapi ujian akhir sekolah. Kemampuan mereka akan diuji. Tidak hanya kemampuan akademik namun juga kemampuan yang lain seperti mental emosional agar nantinya bisa mengerjakan soal dengan benar dan dapat lulus Memang, kita harus belajar keras supaya lulus ujian.

(10) Di Indonesia kaya akan kebudayaan termasuk juga bahasa daerahnya. Namun bangsa Indonesia mempunyai bahasa persatuan yang telah diikrarkan saat sumpah pemuda 28 Oktober 1928 yaitu bahasa Indonesia. Tanpa adanya bahasa yang satu maka masyarakat Indonesia akan sulit berkomunikasi dengan orang lain antar suku dan daerah. Itulah sebabnya kita berkewajiiban membina bahasa persatuan itu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh- Contoh Paragraf"

Post a Comment